Cara Memperoleh Kenikmatan Berlimpah Dan Hati Menjadi Tenang

Cara Memperoleh Kenikmatan Berlimpah Dan Hati Menjadi Tenang

 

Cara Memperoleh Kenikmatan Berlimpah Dan Hati Menjadi Tenang
Anak-anak di pemukiman kumuh

             Sebagian besar kaum muslim pasti sudah hafal firman Allah dibawah ini karena sering disampaikan oleh para khotib, ustadz dan kyai diberbagai kesempatan. Arti firmah Allah dalam Al-Quran Surat Ibrahim ayat 7 tersebut yang Artinya :

"Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan: 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmatKu), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". 

Ayat diatas berisi janji Allah kepada orang yang pandai bersyukur yaitu akan menambah kenikmatan dan sekaligus ancaman-Nya kepada orang yang kufur yaitu adzab yang sangat pedih. Kaum muslim quip tahu persis bahwa Allah tak pernah mengingkari janji-Nya. 

Syukur atas nikmat yang telah dlimpahkan kepada kita dapat dilakukan dengan tiga cara 

sebagai berikut : 

1. Bersyukur didalam hati dengan meng-imani bahwa segala nikmat yang nyata dan tersembunyi itu datangnya dari Allah Swt kemudian bertekat untuk melakukan kebaikan-kebaikan. Hati juga selalu berdzikir mengingat Allah Swt. 

2. Bersyukur melalui lisan dengan mengucapkan Alhamdulillaahi rabbal 'aalamiin, banyak-banyak berdzikir untuk mengingat Allah serta lidahnya tak pernah lupa mengatakan bahwa segala kenikmatan itu berasal dari Allah Swt. 

3. Bersyukur dengan melalui tindakan nyata yaitu menggunakan anggota badan dan pancainderanya untuk beribadah, melakukan kebaikan-kebaikan dan menghindari kemaksiatan. 

        Dengan memperhatikan janji dan ancaman Allah tersebut diatas mari kita senantiasa bersyukur atas limpahan nikmat yang tak bisa kita hitung jumlahnya. 

Semoga kita dihindarkan dari sifat yang menjurus kearah kufur yang tidak pernah menyukuri karunia Allah. Amin

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url